27 January 2010

Penyesalan

Sebelumnya gw punya prinsip hidup, :"Jalanin aja apa yang ada sekarang, gue gak mikirin masa lalu, dan gak terlalu musingin hari esok. Semua udah ada bagiannya masing-masing, dan juga masa lalu gak mungkin bisa diubah lagi."


Semuanya itu masih jadi prinsip hidup gue, sampai... beberapa hari lalu, saat Try Out pertama dimulai.

Hari pertama, yah not bad lah, ulangannya B.Indonesia sama Biologi. Semuanya masih hapalan. Memang sih, sudah diprediksikan, Biologi masih susah banget, tapi yah selama itu masih hapalan, no problem lah.. Itu isi pikiran gue, waktu itu.

Lalu esoknya, ketika TO udah diperiksa sama gurunya, hasilnya nunjukkin, kalo TO B. Indo gue cuma dapet skor 60. WHAAAT? beneran gak nyangka banget rasanya. Gue yang optimis, bahkan meremehkan B. Indonesia, langsung mendadak down ngeliat hasilnya.

Lalu dilanjutin esoknya yaitu B.Ing dan Kwn, lagi-lagi gue beneran gak percaya diri buat ngadepin B.Inggris. Gak tau kenapa. Gue merasa gak pernah ada masalah dalam pelajaran ini sehari-harinya. Tapi yah, gak tau kenapa, dari awal kelas 12, gue gak pernah dapet item kalo ulangan umum B. Inggris. Padahal soalnya itu bener-bener persis, dari mid semester, ulangan umum, sampai try out kali ini, masih menggunakan soal yang sama, dan juga pilihan yang sama.

Mengingat kasus ulangan B.Indo gue, dimana gue udah optimis banget ngerjainnya, gw jadi bener-bener down ngerjain Inggris gue. Walopun berulang kali gue priksa, dan gw yakin jawabannya betul, tapi tetep aja gue ragu. Karena itu yang terjadi di ulangan mid semester dan ulangan umum gue.

Pulangnya, gue les mate. Ini yang bikin gue makin stress lagi. Gue bener-bener parah dalam pelajaran eksak. Nggak tau kenapa. Rasanya otak gue ini gak sinkron aja kalo misalnya ngeliat angka-angka. Apalagi sudah dibumbui oleh minus, pangkat, dan variabel-variabel aneh lainnya.

Rasanya udah males duluan kalo mau ngerjainnya.

Sampai, guru les gue pun udah bingung mau ngajarin apa lagi ke gue, saking-gobloknya-mungkin?! Apalagi gue harus ngejar materi Fisika dan Kimia yang notabene juga hitung-hitungan.


Ujian Nasional itu tinggal 50 hari-an lebih lagi, dan gue udah bener-bener gila akan ini.
Di satu sisi, gue pengen banget bisa lulus, meninggalkan neraka sekolah, dan masuk ke dunia design yang selama ini gue idam-idamin. Tapi disatu sisi gue beneran ngerasa nggak mampu buat ngejar itu semua.. Gue ngerasa gue nggak sanggup. Bener-bener nggak sanggup.

Dan balik lagi dari motto hidup gue yang bener-bener santai dan nggak mikir soal penyesalan sama sekali, mendadak gue jadi menyesalkan beberapa hal....

Gue nyesel masuk IPA. Sangat nyesel.. Mungkin kalo sekarang gue di IPS, gue udah hidup tenang, karena merasa dunia gue beneran ada disana. Bukan diantara makhluk-makhluk eksak.

Gue nyesel, gue pacaran pas kelas 1. Sedikit banyak, ini bener-bener mempengaruhi. Setiap gue berantem, waktu itu, gue pasti langsung nggak masuk sekolah. Waktu-waktu belajar gue banyak kepotong, demi ngurusin pacar. Dan sekarang, apa yang gue dapetin?! Nggak ada, ENOL BESAR, BUNG! Kita putus, pisah, malah kaya nggak pernah kenal lagi.. Mungkin kalo waktu itu kita nggak jadian, sekarang kita masih sahabatan baik.

Gue nyesel, gue nggak dengerin kata bonyok gue soal sekolah pas SD,SMP, yaitu pindah ke sekolah yang berkualitas lebih rendah. Ya, sekarang gue jadi kebiasaan santai. Bisa naik kelas dengan mudahnya, namun dengan isi otak yang kosong melompong.

Yang paling bikin gue nyesel, gue udah nyia-nyiain waktu gue, yang harusnya gue gunain buat belajar, dengan hal yang nggak semestinya gue lakuin...

Mendadak gue ngerasa beneran bodoh, nggak guna, dan rasanya... sampah banget.

Bagaimana gue bisa selamat dari ini semua? Waktu terus jalan, dan sumpah, gue takut banget kalo sampe gue nggak lulus. Gue takut banget kalo misalnya gue harus ngecewain bokap nyokap gue, keluarga gue, yang udah ngusahain dan ngedukung gue banget supaya bisa kuliah desain :(


God, will You help me? :(

2 comments:

  1. segitu aja nyerah??
    gw ja udh mandek 1 thn d sma msh tetep bs survive smpe skarang
    u msh muda cui
    dan prjalanan d sma tinggal dikit lg

    kgk ada salah u mw d ipa atau ips, just do ur best!!!!!

    ReplyDelete
  2. makasih ya, wir. iya gue juga gak mau nyerah kok.. gue masi mau lulus, pasti gue usaha :)

    ReplyDelete