02 January 2010

Alay's Phenomena

Apakah kalian pernah mendengar istilah ALAY?
-Pernah mamenn, tp apaan sih artinya?
-Alay? Itu mah nama tetangga gue, mamennn!
-Oh, tau, tau! Itu artinya anak kampung kan, mamen??

Okeh, okeh. Biar gak simpang siur, ini nih arti alay sebenernya.

Menurut para sosiolog Indonesia, arti alay itu adalah singkatan dari Anak layangan, Alah lebay, Anak Layu, atau Anak keLayapan yang menghubungkannya dengan anak JARPUL (Jarang Pulang). Tapi yang paling santer adalah anak layangan. Dominannya, istilah ini untuk menggambarkan anak yg sok keren, secara fashion, karya (musik) maupun kelakuan secara umum. Konon asal usulnya, alay diartikan "anak kampung", karena anak kampung yang rata-rata berambut merah dan berkulit sawo gelap karena kebanyakan main layangan.

Menurut Bapak Koentjara Ningrat *well actually I don't know him, tapi yang jelas kayanya nih orang terkenal, kayaknya pernah muncul di pelajaran KWN apa Sosiologi gitu*, alay itu adalah gejala yang dialami pemuda-pemudi Indonesia, yang ingin diakui statusnya diantara teman-temannya. Gejala ini akan mengubah gaya tulisan, dan gaya berpakain, sekaligus meningkatkan kenarsisan, yang cukup mengganggu masyarakat dunia maya (baca: Pengguna internet sejati, kayak blogger). Diharapkan Sifat ini segera hilang, jika tidak akan mengganggu masyarakat sekitar.

Yang terakhir, menurut Bapak Selo Soemarjan *nah si bapak ini terkenal di buku sosio gue pas kelas 1 nihh!* alay itu adalah perilaku remaja Indonesia, yang membuat dirinya merasa keren, cantik, hebat diantara yang lain. Hal ini bertentangan dengan sifat Rakyat Indonesia yang sopan, santun, dan ramah. Faktor yang menyebabkan bisa melalui media TV (sinetron), dan musisi dengan dandanan seperti itu.
Sumber : Kaskus.

Oke cukup sekian penjelasannya. Sekarang yang belom tau istilah alay yang sebenarnya jadi tau kan? hehe.

Alay itu menurut gue identik dengan tulisannya yang 94h0LLzzzz abiess, dan juga sikapnya yang centil-centil ataupun peka-peka gimana gituuu. Yang cewe ketemu cowo di FB, main caplok aje, begitu pula sebaliknya. Alay juga identik dengan sikapnya yang seolah haus akan perhatian. Dari status Fesbuknya yang nggak penting, seperti bangun tidur aja dilaporin, maupun gayanya yang amit2 jabang bayiiik deh. -______-

Nah, tujuan gue sebenernya mosting ginian, berawal mula dari tadi siang, ketika gue di add seseorang di FB dengan nama yang sangat panjang dan menjijaykan. Buat privasi si pemilik Fesbuk jadi gue samarin aja yah namanya jadi “Iulysi***************Anakautissygsiibodohdan Sukaicecreampuddlepop." *walopun namanya udah di sensor, tp tetep aje bikin pusing, mamennn!*

Setelah itu, gue langsung aja ngepost tentang hal itu di Plurk gue. *Fyi, Plurk itu adalah jejaring sosial yang menganut asas Mikroblogging, sama kaya Twitter.* Isinya itu gini :


Isi link dari post plurk kedua gue :


As you can see, look at the comments! Setelah berbulan-bulan gua mainan Plurk, belom pernah gue dapet respon dari Plurkers lain sampe segitu banyak. hoho.

Yang jadi heboh itu postingan kedua gue, yang tentang grup Gha_Chey_Box itu. One of my friends on Plurk read it as GA-CE-BOK, a.k.a tidakmembersihkandubursaatandabuangairbesar.

Emang, ada-ada aja. Terus temen gue juga nemuin group di FB yang nggak kalah unik dan anehnya, yaitu INI. Bener-bener unik menurut gue, dan yang jelas ANEH. Apa perlukah gue mengganti nama Fesbuk gue menjadi Ecyanakimutramahtamahbaikhatitidaksombongrajinmenabung hoexxcuihpretnajistralalatrililideh?!


Well, gue jadi inget masa-masa SMP dulu, dimana gue dan temen-temen juga hampir mirip kaya mereka. Tepe-tepe sama cowo-cowo, nulis sms pake huruf gede kecil, nulis dengan bahasa inggris yang di lebay-lebayin, and so on and so on. Dulu gue dan temen-temen ngira hal itu adalah hal yang keren dan ngetrend, istilah sekarangnya sih EKSIS gitu lohhh.haha.

Kadang kasian juga sih sama si kaum alay-alay itu, wong mereka nggak salah apa-apa, tapi kena aja jadi sasaran, haha. Tapi yah gimana, kelakuan mereka itu kadang menjijikan juga sih, dan yang jelas bikin mulut gatel buat ngatain :p ya nggak sih, mamennnn?

Oh ya, fyi, tulisan alay udah ada generatornya loh! Monggo di cek ke TKPnya disini. Jadi kalian yang mau jadi beginner in alay, bisa langsung nyobain dehh :p

*buat yang ngerasa alay, no offense yaak! hihi kabuuuuuur :p*

Yang mau baca postingan lain tentang alay, bisa mampir di blog temen gue, si Jejes :)

6 comments:

  1. nice post!
    g4h0o3lLsZZ aB1e5tsszzZZ..
    anyway, kan ada spelling baru buat EKSIS yaitu AKSIS..haha kayak temennya operator gsm indo aja..

    ReplyDelete
  2. setubuh deh sama os :p hahaha biar makin g4h03lzzzzStzzz ya ngespellnya jadi AKSIS LMAO.

    ReplyDelete
  3. howalah? kok pas banget, saya juga baru kemaren nulis tentang alay :P

    ReplyDelete
  4. nguakakakakakakakakakak (hanya bisa tertawa)

    ReplyDelete
  5. @ jawir MAMPUUUS itu mah sampe gue diincer alay (annoyed)

    ReplyDelete